Tuesday, October 11, 2011

KEBUDAYAAN


KEBUDAYAAN

Pengertian Budaya

  • Dari bahasa Sangsekerta (Buddhayah) yaitu hal-hal yang berkaitan dengan budi & akal.
  • Bahasa Inggris disebut Culture/budaya, artinya mengolah/mengerjakan tanah, berkembang menjadi segala tindakan manusia dalam mengolah alam.
  • Secara umum kebudayaan yaitu keseluruhan nilai norma pengetahuan keseluruhan struktur-struktur sosial. Serta pernyataan intelektual & artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kebudayaan adalah suatu yang dihasilkan oleh sekelompok masyarakat secara sadar & sengaja yang memberikan manfaat bagi oarang lain dapat dirasakan & di dengarkan.

Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan & hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang diperoleh dengan cara belajar.

Menurut Selo Soemarjan, kebudayaan adalah hasil karya, rasa & cipta rasa masyarakat. Hasil dari usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan Jasmani & Rohani agar hasilnya dapat digunakan untuk keperluan masyarakat.
  1. Karya/kebudayaan materi : kemampuan manusia untuk menghasilkan benda lainnya yang berwujud benda.
  2. Rasa : agama, ideologi, kebatinan kesenian & semua unsur ekspresi jiwa manusia yang mewujudkan nilai-nilai sosial & norma sosial.
  3. Cipta : merupakan kemampuan mental & berfikir yang menghasilkan ilmu pengetahuan.

Menurut E.B Tylor, kebudayaan adalah keseluruhan kompleks termasuk di dalamnya ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adat istiadat, kemampuan lainnya serta kebiasaan yang didapatkan manusia sebagai anggota masyarakat.

Menurut Kluckhohm & Kelly adalah semua rencana hidup yang tercipta secara historis baik eksplisik maupun implisif serta rasional yang ada sebagai pedoman perilaku manusia.

Kesimpulan yaitu kebudayaan dalah sistem pengetahuan. Pengetahuan berupa ide/gagasan dalam berpikiran manusia dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat abstrak. Perwujudan kebudayaan berupa perilaku & benda-benda yang bersifat nyata. Pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi dan seni.

No comments:

Post a Comment